PMII RAYON DAKWAH

Dunia filsafat secara khusus melahirkan banyak tokoh-­tokoh filsafat muslim yang banyak bergelut dengan dunia filsafat, kegiatan ilmu p...

Belajar Dunia Filsafat Ar-Razi



Dunia filsafat secara khusus melahirkan banyak tokoh-­tokoh filsafat muslim yang banyak bergelut dengan dunia filsafat, kegiatan ilmu pengetahuan mencakup penerjemahan buku­buku filsafat Yunani yang kemudian dikembangkan tokoh filosofis muslim.

Dengan dasar tersebut dapat dipahami adanya keterikatan antara filsafat Yunani dan filsafat Islam dalam hubungan pemikiran demikian pula dengan filsafat modern yang ada. Misalnya filosof Islam banyak mengambil pemikiran Aristoteles dan mereka banyak tertarik terhadap pikirannya. Sehingga banyak teori­teori filosof Yunani diambil oleh filosof Islam.

Kedatangan filosof Islam yang terpengaruh oleh orang­orang sebelumnya dan berguru pada filosof Yunani. Bahkan kita hidup pada abad ke­20 ini, banyak berguru pada orang Yunani dan Romawi, akan tetapi berguru tidak berarti mengkiblatkan dan mengutip, sehingga dapat dikatakan bahwa filsafat Islam hanya kutipan semata­mata dari Aristoteles atau lainnya.

Akan tetapi Filsafat Islam telah mampu menampung dan mempertemukan berbagai Aliran fikiran. Para filosof Islam pada umumnya hidup dalam lingkungan dan suasana yang berbeda dari apa yang diAlami oleh filosof­filosof lain. Sehingga lingkungan sangat berpengaruh terhadap pemikiran mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia Islam berhasil membentuk filsafat yang sesuai prinsip agama dan keadaan masyarakat Islam itu sendiri.

Demikian pula adanya hubungan dengan fase­fase pemikiran manusia dan tidak dapat dihindari bahwa pemikiran filsafat Islam merupakan sumber dari pemikiran klasik. Perpaduan pikiran tersebut diaktuAlisasikan dalam system dan gambaran sendiri dan memberikannya denga label Islam.

Keunggulan khusus filsafat Islam dalam masAlah pembagian cabangnya adalah mencakup ilmu kedokteran, biologi, kimia, musik ataupun fAlak yang semuanya menjadi cabang filsafat Islam. Para ulama Islam memikirkan suatu jalan filsafat ada yang lebih berani dan lebih pedas daripada pemikiran mereka yang dikenAl dengan nama filosof Islam, dapat diketahui bahwa pembahasan ilmu kAlam dan tasauf banyak terdapat pikiran dan teori-teori yang tidak kAlah teliti dari pada filosof­filosof Islam.

Oleh Karen itu Ar­Razi merupakan filosof Muslim muncul pada abad ke­10 yang menggemparkan dunia pada masanya dengan falsafah lima kekalnya. Serta kritikannya yang mengatakan bahwa tidaklah masuk akal bahwa Tuhan mengutus para nabi, karena mereka banyak melakukan kemudharatan.

Setiap bangsa percaya hanya kepada para nabinya, dan menolak keras yang lain yang mengakibatkan terjadinya banyak peperangan keagamaan dan kebencian antar bangsa yang memeluk berbagai agama yang berbeda.

M.S

0 komentar: