PMII RAYON DAKWAH

SEMARANG- P eserta sekolah advokasi sedang membersihkan sampah di area Pantai Ngebum. pmiirada , Semarang - Lembaga Advokasi Per...

PMII RADA Terapkan Advokasi Lingkungan di Pantai Ngebum


SEMARANG- Peserta sekolah advokasi sedang membersihkan sampah di area Pantai Ngebum.
pmiirada, Semarang - Lembaga Advokasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Dakwah (RADA) mengadakan sekolah advokasi, Minggu (25/11).

Sekolah advokasi dilaksanakan di daerah Kaliwungu, Pantai Ngebum. Aditya Firmansyah selaku ketua panitia mengatakan bahwa konsep dari advokasi ialah penyadaran, refleksi dan belajar peka terhadap lingkungan. 

Kegiatan membersihkan sampah di pantai Ngebum merupakan salah satu bentuk penerapan advokasi lingkungan. Tujuan kegiatan membersihkan sampai di area pantai selain pembelajaran terhadap anggota PMII RADA yakni untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai.

“Karena lokasi sekolah advokasi yang dipilih di dekat pantai, maka kami panitia memutuskan untuk menerapkan advokasi lingkungan yaitu membersihkan sampah yang ada di area pantai” tuturnya.

Panitia menghabiskan 10 kantong kresek untuk mengisi sampah-sampah yang berserakan di area pantai.  Peserta yang berjumlah 25 orang dibagi menjadi 5 kelompok. Selain terjun ke lapangan, sebelumnya peserta dibekali materi yakni pengantar atau dasar advokasi dan analisa sosial serta adanya Forum Group Discussion (FGD). Tujuannya agar peserta lebih mengerti dan memahami lebih dalam tentang advokasi.  

“Kesan belajar di sekolah advokasi PMII RADA itu seneng, seru juga apalagi kita ditunjuk untuk langsung terjun ke lapangan dan sebelumnya juga sudah diberi materi dan arahan jadi kita lebih paham dan matang. Saya tunggu kegiatan advokasi yang lainnya.” Kata Afrida, salah satu peserta sekolah advokasi PMII RADA. Cm/25

0 komentar: