PMII RAYON DAKWAH

  Diskusi Hari Pahlawan di Camp Rayon PMII RADA, Karonsih bersama Departemen Rumah Ide & Sahabat Arif Hidayat Departemen Rumah Ide PMII ...

Refleksikan Hari Pahlawan, Departemen RI adakan Diskusi Perdana

 


Diskusi Hari Pahlawan di Camp Rayon PMII RADA, Karonsih bersama Departemen Rumah Ide & Sahabat Arif Hidayat


Departemen Rumah Ide PMII Rayon Dakwah adakan diskusi perdana tepat pada hari Pahlawan 10 November 2020. Diskusi ini bertema " Peran Ulama dan Santri dalam Kemerdekaan"  yang dibawakan oleh sahabat Arif Hidayat,S.Sos senior PMII RADA angkatan 2012. 

Diskusi tersebut berlangsung khidmat yang dihadiri oleh 12 kader PMII Ryon Dakwah dari pukul 21.30 WIB. Sistem diskusi pertama kali ini memang sedikit berbeda dari periode sebelumnya. Sebelum diskusi berlangsung peserta diberi waktu untuk membaca rujukan diskusi selama 15 sampai 10 menit agar acara berlangsung tidak monoton tetapi komunikatif. Sebelum pemateri menyampaikan, peserta dipersilahkan untuk memberikan gagasannya setelah membaca referensi yang telah disediakan oleh Departemen Rumah Ide. 

Sahabat Farkha mengatakan bahwa lemahnya pendidikan membuat masyarakat Indonesia mengalami krisis pengetahuan dan jatuh dalam jurang kebutuhan.

 Sahabat Arif Hidayat memberikan gagasan yang berbeda bahwa penyebab Indonesia dijajah bukan lemahnya pendidikan tetapi tidak adanya persatuan diantara kita. Di dalam Pancasila sudah dijelaskan pada sila ke-3 Persatuan Indonesia. 

" Awal terjadinya Perang 10 November di Surabaya karena Surabaya menjadi salah satu sektor penting. Dari Batavia, Semarang, dan Surabaya. Belanda ingin mengambil alih lagi Indonesia setelah Jepang mengaku kalah. Namun, dalam pidatonya Bung Tomo dengan keras menolak dan Kyai Hasyim Asy'ari memberikan fatwa setelah didatangi oleh Jendral Sudirman atas utusan Soekarno"  imbuhnya. 

Sahabat Yahya selaku koordinator Departemen Rumah Ide mengatakan bahwa diskusi ini bertujuan untuk merefleksikan gerakan-gerakan dan semangat para ulama dan santri untuk mengimplementasikannya di era saat ini. Hari ini merupakan titik awal Departemen Rumah Ide untuk agenda rutinan selanjutnya. 

Mahasiswa bimbingan konseling itu juga berharap bahwa kader PMII Rayon Dakwah turut berpartisipasi dalam kegiatan diskusi rutinan dan semoga diskusi ini mampu memberikan output dengan catatan-catatan kritis yang mampu menjadi sebuah karya.

Rep. Ratna

0 komentar: