MASIGNASUKAv102
6510051498749449419

Kuliah Semakin Mahal

Kuliah Semakin Mahal
Add Comments
Sabtu, 20 Maret 2021
Kuliah Semakin Mahal

Karya: Moch. Supriyadi



Kuliah semakin mahal seolah-olah dalam setiap gerbang perguruan tinggi ada spanduk,“kuliah hanya untuk orang-orang berduit" padahal negara memiliki cita-cita yang sangat mulia mencerdaskan anak bangsa. Mengapa kuliah kok semakin mahal? Seolah-olah pendidikan diperdagangkan. Apakah mungkin pendidikan dijadikan barang dagangan? apa yang membuat kuliah semakin mahal? setelah pendidikan di perguruan tinggi semakin mahal, masyarakat semakin engan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Banyak masyarakat yang memilih bekerja daripada harus melanjutkan ke perguruan tinggi. Melihat data yang ada di di Bps penduduk indonesia yang menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang perguruan tinggi hanya sekitar 9,26% (sumber bps ,susenas maret 2019). Bahkan rentang tingkat pendidikan yang ditamatkan menurut tipe daerah , pada tahun 2019 antar penduduk kota dan desa sanggat jauh presentasenya. Penduduk perkotaan yang menamatkan perguruan tinggi sampai 12,71%persen sedangkan pendudukan di pedesaan yang dapat menamatkan perguruan tinggi hanya 4,79 % (sumber, susenas marett 2019). 

Status ekonomi menjadi salah satu kendala dalam dunia pendidikan, semakin tinggi status ekonomi akan semakin tinggi pula status pendidikan yang diselesaikan. Pedidikan sanggat penting untuk prospek masa depan seseorang. Pendidikan memang tidak bisa menjamin kesuksesan atau kayanya seseorang namun pendidikan bisa menjamin kapasitas intelektual seseorang dan bisa berguna untuk masyarakat. Banyak anak yang ingin melanjut kan ke perguruan tinggi tapi karena terbatasnya biaya mereka mengurungkan niatnya dan memilih untuk bekerja jika kita lihat data pekerja di Indonesa hampir 88% pekerja lulusan SM-sederajat ke bawah lulusan sampai dengan 41%, lulusan SMP 18%, lulusan SMA 18%  dan SMK 11% (sumber cnbc indonesia sri mulyani dalam rapat dengan komisi XI DPR, kamis 13-6-2019). 

Tenaga kerja adalah pondasi bagi perekonomian ,dan perokonomian sangat penting untuk berdirinya suatu bangsa. Pendidikan adalah salah satu kunci bagi ketenagakerjaan yang bermutu, semoga di masa yang akan datang akan ada terobosan bagi pemerintah untuk memberikan pendidikan gratis untuk pendidikan di perguruan tinggi dan memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia.

Editor: Ratna