PMII RAYON DAKWAH

Workshop Jurnalistik di MWC NU Gunungpati Minggu, (4/4/21) Semarang-Pmiirada.co.id , Lembaga Kejora PMII Rayon Dakwah Komisariat Walisongo S...

Menuju Gerbang Awal Kader, Lembaga Kejora Agendakan Workshop Kejurnalistikan


Workshop Jurnalistik di MWC NU Gunungpati
Minggu, (4/4/21)

Semarang-Pmiirada.co.id, Lembaga Kejora PMII Rayon Dakwah Komisariat Walisongo Semarang adakan Workshop Jurnalistik dengan mengusung tema,”Memupuk Semangat Jurnalis, Demi terbentuknya Kader yang Berintegritas dan Berkompeten” yang di mulai pukul. 16.00 WIB di MWC NU Gunungpati yang dihadiri oleh 9 peserta.

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat. Agenda di mulai dengan beberapa materi dari Fotografi yang disampaikan oleh Sahabat Abdul Ghoni, Kejurnalisitikan dipaparkan oleh Sahabat Ibnu Ato’ilah kemudian yang terakhir bincang sastra yang diisi oleh Sahabat Arif Hidayat. Selain pemaparan juga ada sesi tanya jawab sehingga diskusi berjalan, hal ini mampu memberikan pemahaman kepada peserta melalui komunikasi dua arah. 

Sahabat Lutfi Abdul Hadi selaku koordinator Lembaga Kejora mengatakan bahwa mempelajari ilmu kejurnalistikan sangat di perlukan di tengah persoalan kebebasan pers yang entah berjalan ke arah mana. Dengan adanya problematika seperti itu, Lembaga Kejora memfasilitasi kader-kader 2020 sebagai generasi masa depan untuk lebih mengerti tentang pentingnya ilmu kejurnalistikan.

Sahabat Lutfi juga berharap semoga setelah Workshop Kejurnalistikan ini usai, kader-kader 2020 tidak berhenti dalam berproses di Kejora tetapi harus lebih giat dalam mengarungi pahitnya mendalami ilmu kejurnalistikan.

“Harapan besar bagi saya, semoga para pendekar pena akan lahir dari rahim PMII Rayon Dakwah” imbuhnya setelah di wawancarai pasca kegiatan.

Sahabat Imam Yahya selaku Ketua Panitia juga mengungkapkan bahwa bahwa dalam persiapan acara Workshop Kejurnalistikan memerlukan pematangan konsep selain itu kita juga harus saling support antara satu dengan yang lain. Dengan begitu, acara ini berjalan dengan semestinya, meski ada beberapa kendala.

“Untuk kendalanya yaitu minimnya peserta yang mengikuti Workshop. Sebenarnya untuk minat dari peserta sendiri itu cukup banyak tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa Pandemi Covid-19 memberikan efek hampir di semua sektor. Peserta tidak mendapat izin dari orang tua dan ada juga yang memiliki agenda dalam waktu yang bersamaan” ujarnya.

Sahabat Imam berpesan untuk sahabat-sahabati Sadewa 2020 untuk terus berproses dan lebih baik lagi, karena ini baru langkah awal.

Selain mendapatkan materi mereka juga melakukan hunting berita yang dibuat tiga kelompok, kemudian masing-masing kelompok mendapatkan dua Penanggungjawab sebagai fasilitator. Mereka di bagi ke rute masing-masing dari destinasi wisata, kuliner, dan usaha UMKM tanaman hias. Hunting berita memberikan ide untuk peserta membuat produksi karya sesuai dengan rubrikasi yang telah di tentukan yaitu berita, artikel, opini, dan sastra. 

Agenda di tutup dengan pemilihan ketua angkatan Kejora 2020 dan pembuatan nama angkatan. Sahabat Teguh terpilih menjadi ketua angkatan Kejora dengan nama Angkatan Agn1stik (Angkatan Pertama Jurnalistik).  Sabtu, (4/4/21)

0 komentar: