PMII RAYON DAKWAH

Masa Penerimaan Anggota Baru atau MAPABA merupakan fase orientasi dan pengenalan awal mengenai PMII kepada mahasiswa dalam rangka rekruitmen...

Masa Penerimaan Anggota Baru Rayon Dakwah 2021

Masa Penerimaan Anggota Baru atau MAPABA merupakan fase orientasi dan pengenalan awal mengenai PMII kepada mahasiswa dalam rangka rekruitmen untuk menjadi anggota PMII. Masa Penerimaan Anggota Baru PMII Rayon Dakwah Komisariat UIN Walisongo yang diadakan di Gedung GSG NU Eks-PKB Mangkang telah berlangsung selama 3 hari tepatnya dari tanggal 5-7 September 2021 dengan dihadiri 319 peserta. 

Acara ini berlangsung dengan mengangkat tema “Aktualisasi Gerakan PMII Guna Terbentuknya Kader Mu’takid yang Revolusioner Berlandaskan Aswaja dan Nilai-nilai PMII”. Aktualisasi diri merupakan puncak kedewasaan dan kematangan diri seseorang yang di tandai dengan bagaimana seseorang menyadari dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup. Anggota pasca MAPABA disebut mu’takid yaitu anggota yang merasa butuh untuk berorganisasi, memiliki keyakinan dan loyalitas bahwa PMII adalah organisasi mahasiswa dan organisasi mahasiswa Islam yang paling tepat untuk memperjuangkan idealisme mahasiswa, serta mengikuti Ahlusunnah wal-Jama’ah (ASWAJA) sebagai prinsip pemahaman, pengalaman dan penghayatan Islam Indonesia. 

Acara ini diawali dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan-sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh senior-senior, debat panel, dzibaan bersama team hadroh PMII Rayon Dakwah UIN Walisongo El-Rada, pentas seni oleh Teater Soko Bumi & peserta Mapaba, sarasehan, expo Lembaga Rayon, dan sidang pemilihan Al Mapaba.

Ketua Kopri PC PMII Kota Semarang sahabati Dewi Avivah menyatakan dalam sambutannya bahwa “Mengenal PMII dapat diawali dengan MAPABA dan bicara tentang  PMII tidak serta merta hanya tentang orang-orang yang berkelompok, orang yang berani bergerombol, tidak hanya tentang organisasi tapi tanggung jawab sebagai mahasiswa. Dari tema yang diangkat ini kita akan mengulas nilai-nilai PMII yang akan di bahas dalam materi PMII-an. Akan ada masanya kita merasa lelah dalam berorganisasi, dan saat itu kita harus selalu ingat bahwa tidak semua teman kita mempunyai akses untuk belajar tentang PMII.” 

Ketua PMII Rayon Dakwah, Emir Syahrizal menyatakan dalam sambutannya “Bahwa dalam kaderisasi terdapat 3 tahapan yaitu Mapaba, PKD, PKL Nasional. Saat ini sahabat/i akan dikenalkan mengenai PMII, dan saya harap sahabat/i dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama, dalam berproses dalam PMII kuncinya hanya satu, yaitu ikhlas.”

Kemudian, Perwakilan dari PMII Cabang Kota Semarang sahabat Muna juga menyatakan dalam sambutannya “Bahwa ketika memasuki kampus, kita memiliki status yang sama yaitu mahasiswa. PMII ini merupakan rumah bagi sahabat/i agar dapat semakin maju. Status-status yang kita dapatkan sebagai ketua cabang, sebagai ketua Kopri, dan yang lain lain didapat dari berproses, sama seperti sahabat/i saat ini, sama sama mengikuti MAPABA. Lantas bisakah sahabat/i mendapatkan status? Tentu bisa! Kapan? Setelah kita berproses.” 

Acara MAPABA ini ditutup dengan foto bersama peserta, jajaran panitia dan pengurus PMII Rayon Dakwah pada pukul 02.00 (Senin, 8/11/2021)


Redaktur : Sahabati Naela

0 komentar: