PMII RAYON DAKWAH

https://images.app.goo.gl/d3uMoeriTa2E4oez6 Manusia Ulul Albab merupakan salah satu figure dan kriteria manusia yang patut dijadikan Teladan...

Menjadi Manusia Ulul Albab

https://images.app.goo.gl/d3uMoeriTa2E4oez6

Manusia Ulul Albab merupakan salah satu figure dan kriteria manusia yang patut dijadikan Teladan bagi manusia lain. Manusia Ulul Albab terdiri dari dua suku kata yaitu, Ulu dan Albab. Kata Ulu dalam bahasa arab berarti dzu yaitu memiliki, Sedangkan kata Albab  berasal dari kata allubb yang artinya otak atau pikiran, arti albab disini bukan mengandung arti otak atau pikiran beberapa orang, melainkan hanya dimiliki oleh seseorang. Dengan demikian ulul albab artinya orang yang memiliki otak yang berlapis-lapis.

Pengertian Ulul Albab Mengutip dari AD/ART PMII  “Pribadi ulul albab adalah seseorang yang selalu haus akan ilmu, dengan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT, berkesadaran historis primordial atas relasi Tuhan-manusia alam, berjiwa optimis transendental sebagai kemampuan untuk mengatasi masalah kehidupan, berpikir dialektis, bersikap kritis dan bertindak transformatif”.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ulul abab adalah soerang yang memiliki wawasan luas dan ketajaman dalam menganalisis suatu permasalahan, tidak menutup diri dan selalu menerima masukan dari orang lain, dengan kecerdasan dan pengetahuan yang luas mereka tidak melalaikan Tuhannya, dan bahkan manusia ulul albab menggunakan kelebihan yang dimiliki untuk selalu mendekatkan diri Kepada Allah SWT dengan cara Mengingat (Dzikir), memikirkan (fikir) dan selalu berbuat baik kepada sesamanya (amal Shaleh).

Sebagai manusia ulul albab dalam pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) selayaknya kita selalu memperbaiki diri agar menjadi insan yang bertaqwa kepada allah swt, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggungjawab mengamalkan ilmunya serta komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan indonesia. Selalu memperbaiki diri adalah kewajiban semua kader PMII agar apa yang menjadi tujuan dari PMII bisa tercapai secara nyata. 

Bagaimana sih ciri-ciri orang yang termasuk dalam kelompok ulul albab ? Ciri-ciri ulul albab menyangkut beberapa aspek kehidupan, baik ritual, sosial, emosional maupun intelektual. Ciri-ciri tersebut antara lain :

1. Bersungguh-sungguh menggali ilmu pengetahuan. 

2. Selalu berpegang pada kebaikan dan keadilan. 

3. Kritis dalam mendengarkan pembicaraan, pandai menimbangnimbang ucapan, teori, proposisi atau dalil yang dikemukakan oleh orang lain. 

4. Bersedia menyampaikan ilmunya kepada orang lain untuk memperbaiki masyarakatnya; memperingatkan mereka kalau terjadi ketimpangan, dan diprotesnya kalau terdapat ketidakadilan.

5. Sanggup mengambil pelajaran dari sejarah umat terdahulu.

6. Rajin bangun malam untuk sujud dan rukuk di hadapan Allah SWT.

7. Tidak takut kepada siapapun, kecuali Allah semata.

8. Mampu memahami substansi dari suatu permasalahan secara mendalam.

9. Memiliki kejernihan pikiran dan kelembutan hati untuk bertaqwa kepada Allah SWT.

Sungguh beruntunglah apabila manusia bisa memposisikan dirinya sebagai Manusia Ulul Albab. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang Ulul Albab. Aaamiinn


Penulis : Sahabat Usman Efendi 

0 komentar: