PMII RAYON DAKWAH

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo Semarang menggelar aksi solidaritas pada Kamis 10/02/202...

Seruan Aksi Solidaritas Wadas


Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Islam Negri (UIN) Walisongo Semarang menggelar aksi solidaritas pada Kamis 10/02/2022.

Aksi tersebut atas respon penolakan keras terhadap  pertambangan batu andesit serta Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terjadi di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

Sebelumnya telah terjadi pengukuran lahan di Desa Wadas pada Selasa, 08/02/2022 yang berujung buntut kericuhan antara warga dengan keamanan aparat negara yang sedang mengawal pengukuran tersebut.

Masa aksi sebanyak sekitar 150 an mahasiswa kader PMII kemudian melakukan long march mulai pukul 13.00 WIB dari depan kampus 2 UIN Walisongo menuju depan gerbang timur kampus 1 kemudian berjalan sampai ditengah pantura yang mengakibatkan kemacetan panjang.

Adapun tuntutan yang diperjuangkan oleh mahasiswa antara lain :

1. Menuntut Gubernur Jawa Tengah untuk mengkaji ulang penerbitian IPL (Izin Penetapan Lokasi) yang terindikasi tidak sesuai dengan prosedur perundang- undangan yang berlaku diIndonesia.

2. Menolak penerbitan pembaruan IPL (Izin Penetapan Lokasi) yang jelas bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan asas umum pemerintahan yang baik (good geverment & goodgovernance).

3. Mengutuk keras dugaan represifitas aparat kepolisian terhadap warga yang mempertahankan hak atas tanahnya.

4. Mengajak seluruh elemen masyarakat sipil untuk mendukung warga wardas dan melawan segala bentuk rencana pertambangan batuan andesit di Desa Wadas.

Demonstrasi sempat memanas saat masa aksi membakar ban ditengah jalan dan memblokade jalur pantura yang mengakibatkan kemacetan tak terkendali.


Reporter : Sahabat Ridwan 

0 komentar: