PMII RAYON DAKWAH

Lembaga Akasia PMII Rayon Dakwah Komisariat UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan Diksar (Pendidikan Dasar) ke XI yang diikuti 26 peserta p...

Diksar Lembaga Akasia 2022

Lembaga Akasia PMII Rayon Dakwah Komisariat UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan Diksar (Pendidikan Dasar) ke XI yang diikuti 26 peserta pada tanggal 4 hingga 7 Maret 2022  di Gunung Ungaran, Semarang.

Bertema ‘’melangkah bersama untuk menjalin sebuah keluarga’’ Ibnu Bismar menjelaskan makna dari tema yang dipilih.

“Latar belakang dari tema adalah doa dan harapan dari kita kepada para barudak-barudak baru diksar ke XI. Dimana mereka berjalan dari awal hingga puncak dan turun lagi dilalui bersama-sama, sukanya mereka lakukan bersama-sama, letihnya, suka hingga duka juga mereka lakukan bersama-sama.”

Ketua Panitia Diksar XI Muhammad Misbakhus Sururi menjelaskan rangkaian kegiataan selama Diksar.

“Hari pertama, peserta lakukan perjalanan dari tempat pemberangkatan sampai ke kebun teh di Medini. Setelah sampai tengah malam, para peserta langsung membuat bivak untuk tempat peristirahatan, pada hari kedua paginya para peserta melanjutkan perjalanan dari kebun teh di Medini  sampai ke basecamp Promasan. Pos-pos tersebut yaitu pos pertama tentang manajemen perjalanan, pos kedua survival dan pos terakhir tentang keakasiaan dan NDP yang dimana setiap pos terdapat senior akasia untuk menanyakan materi yang sudah dipelajari oleh para peserta. Setelah sampai di Promasan para peserta diberikan waktu istirahat selama 2 jam, kemudian peserta kembali melakukan perjalanan dari basecamp sampai ke puncak. Dihari terakhir peserta melakukan perjalan pulang dari basecamp ke tempat pemberangkatan awal tetapi selama perjalanan pulang, peserta melakukan pengukuhan,” tutunya

Surur juga menambahkan tujuan dari diadakannya untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama pradiksar.

“Para peserta (calon-calon barudak) diberi pembekalan survival,manajemen waktu,p3k, cara pecing yang  benar dan pembuatan bivak. Melatih peserta supaya tidak menyepelekan apa saja yang dibutuhkan selama hidup dialam,kita tekankan terkait SOP khususnya waktu pendakian,” tambahnya.

0 komentar: