PMII RAYON DAKWAH

Sc : theAsianparent Sebagai umat muslim sudah seharusnya memperbanyak amalan seperti sedekah, tentunya sedekah tidak memiliki batas dan bisa...

Sedekah Subuh

Sc : theAsianparent

Sebagai umat muslim sudah seharusnya memperbanyak amalan seperti sedekah, tentunya sedekah tidak memiliki batas dan bisa dilakukan kapan saja. Dengan bersedekah, harta yang dimiliki akan menjadi lebih suci dan bersih, tidak hanya itu sedekah juga sebagai  pelengkap dari ibadah wajib zakat. Bedanya sedekah memang tidak wajib tetapi sangat banyak memiliki keutamaan, berapapun dan siapapun hartanya, nominal sedekah tidak dibatasi dengan jumlah minimalnya. Hal ini yang dicontohkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya dalam semasa hidupnya yang tidak pernah ragu dan khawatir akan kekurangan harta yang dimiliki dengan melakukan sedekah. Sedekah juga bisa dilakukan diwaktu subuh atau sebelum matahari terbit. Sedekah lebih luas dari zakat ataupun infak. 

Sedekah subuh adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain dengan sukarela dan ikhlas tidak dibatasi jumlah dan waktu, waktu yang tepat untuk melakukan sedekah subuh adalah setelah salat subuh dengan memasukkan sedekah ke kotak amal, untuk melakukan sedekah subuh tidak perlu mencari kotak amal dimasjid, anak yatim ataupun orang miskin akan tetapi kita hanya cukup membuat kotak amal dari kaleng atau botol. Sedekah subuh memiliki keutamaan bagi umat Islam yaitu dapat mengabulkan hajat kita seperti dalam hadis “Tidak ada satu subuh yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdoa, ‘Ya Allah berilah ganti kepada orang yang berinfak, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadis diatas menjelaskan bahwa setiap subuh ada malaikat yang mendoakan agar rezeki kita mengalir terus dan ada malaikat yang mendoakan agar kita miskin karena tidak mau bersedekah. Orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah maka Allah akan melipat gandakan, inilah janji Allah ketika mengeluarkan hartanya dijalan Allah maka hartanya tidak akan berkurang, melainkan Allah akan membalas dengan kebaikan yang berlipat. Maka sedekah subuh menjadi hebat untuk mengawali harimu agar doa-doamu untuk hari itu mudah dikabulkan oleh Allah, tidak hanya itu sedekah subuh juga dapat menghapus dosa-dosa yang kita lakukan. Malaikat yang turun ke bumi saat sedang bersedekah subuh maka malaikat akan segera mendoakan orang yang bersedekah. Setiap manuasia menginginkan masuk ke surga, tentunya harus melakukan banyak amalan baik secara istiqomah maka dengan kita melakukan sedekah subuh, menjadi salah satu kunci agar masuk surga. Dalam bersedekah tidak harus banyak tetapi konsisten dalam melakukan sedekah secara rutin, saat melakukan sedekah niatkan dengan khusyuk untuk bersedekah.

Sedekah subuh dilakukan ketika seusai salat subuh dimasjid, memasukkan uang kedalam kotak amal masjid, bisa juga mengirimkan uang berupa sedekah lewat rekening, adapun memberi makan diwaktu subuh untuk orang yang membutuhkan, bisa juga mengantarkan bantuan kepada korban bencana berupa logistik dan bisa membuat kotak amal sendiri menggunakan kaleng atau botol atau benda lainnya yang bisa dijadikan tempat untuk kita bersedekah di rumah, kosan maupun kontrakan, ketika uang sedekahnya sudah terkumpul banyak kemudian dikasihkan kepada masjid atau orang disekitar kita yang sedang membutuhkan bantuan. 

Dengan banyaknya manfaat untuk mengamalkan sedekah subuh, kita laksanakan dengan konsisten, memang sedekah subuh banyak keutamaan dibandingkan waktu lain karena diwaktu subuh itulah masih banyak orang yang terlelap tidur sedangkan kita sudah sibuk meraih ridho dan pahala dari Allah SWT. Selain mengharapkan ridho Allah, kita juga bisa mengharap untuk diri kita sendiri, sedekah subuh yang dilakukan dapat meringankan kesulitan orang lain.  


Oleh Sahabati Keisa

0 komentar: