PMII RAYON DAKWAH

Innalillahi wa innalillahi rajiun. . Telah mati hati nurani mahasiswa yang bergelar agent of change . Mahasiswa, sebuah gelar baru yang hin...

Siapakah Dirimu Mahasiswa?


Innalillahi wa innalillahi rajiun. .

Telah mati hati nurani mahasiswa yang bergelar agent of change .

Mahasiswa, sebuah gelar baru yang hingga kini “dibanggakan” oleh sebagian besar masyarakat. Mahasiswa konon adalah para generasi harapan yang kelak mampu membawa perubahan bagi negara Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara-negara di dunia. Sebutan itu bisa menjadi cambuk bagi mahasiswa itu sendiri yang dipandang sebagai agent of change (agen perubahan).

Mahasiswa mampu untuk mengontrol keadaan negara; bukan untuk memuji, tetapi juga memberikan kontribusi yang nyata untuk perubahan yang lebih baik (agent of social control). Sebagai kaum harus berani dan kritis, berani untuk mendobrak zaman ke arah kemajuan dan kebijakan para pemegang kekuasaan. Mahasiswa harus mengungkapkan kebenaran dan mengungkap fakta, selalu meneriakkan keadilan, sehingga semua harapan rakyat dan juga janji manis para politik yang selalu berkoar dengan dalih kesejahteraan atas nama rakyat bisa direalisasikan, bukan hanya sekedar omong belaka.

Jangan bilang kamu berubah jika melihat sikapmu hari ini. Punyakah kamu sebuah perhatian atas temanmu yang kesulitan uang kuliah? Adakah kamu merasa marah atas pengumuman-pengumuman yang bunyinya mahasiswa dilarang pakai kaos dan jeans saat kuliah? Bukan kah sebaiknya mereka belajar, membaca buku dan berdiskusi daripada memperdebatkan menggunakan pakaian apa yang pantas digunakan? Jangan sebut dirimu  dewasa jika menyaksikan kemiskinan dirimu hanya iba dan prihatin! Sebenarnya siapa dirimu mahasiswa?


Oleh Sahabat Alfithra Madya Fasa

0 komentar: