MASIGNASUKAv102
6510051498749449419

Harlah Ke-9, AKASIA Angkat Tema ‘Akasia Guyub’

Harlah Ke-9, AKASIA Angkat Tema ‘Akasia Guyub’
Add Comments
Senin, 13 Mei 2024


Semarang – Lembaga Aksi Kepedulian Alam Indonesia (AKASIA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Dakwah merayakan ulang tahun ke-9 tahun ini. Dalam usia yang hampir mencapai satu dasawarsa, AKASIA mengusung tema Akasia Guyub.

Muhammad Shodiq, Koordinator Lembaga AKASIA menjelaskan bahwa pemilihan tema ini bertujuan agar keluarga besar AKASIA dapat lebih menghargai nilai kekeluargaan. "Karena AKASIA telah berusia 9 tahun, dan sebagai Lembaga yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta prinsip kekeluargaan, diharapkan di tahun ke-9 ini keluarga besar AKASIA dapat semakin memperkuat nilai kekeluargaan," ujar Shodiq.

Berbeda dengan Harlah sebelumnya, Harlah AKASIA tahun ini memiliki tiga rangkaian acara utama.  Yakni Penanaman, Ekspedisi dan Sua Barudak. "Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya dua kegiatan, pada harlah ke-9 ini terdapat tiga serangkaian kegiatan, pada tiga serangkaian kegiatan itu yang pertama adalah penanaman mangrove, kemudian diikuti dengan ekspedisi, dan yang terakhir adalah kegiatan puncak yaitu Sua Barudak untuk keluarga besar AKASIA," tambah Shodiq.

Di samping itu, Shodiq juga menjelaskan arti dari tujuan kegiatan tersebut. "Kegiatan penanaman ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Melihat kondisi kota Semarang saat ini yang rentan terhadap bencana rob, kami memilih untuk melakukan penanaman mangrove. Selain itu, ekspedisi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Diksar sebelumnya yang Alhamdulillah berhasil dilaksanakan di ketinggian 2000 mdpl. Rencananya, ekspedisi selanjutnya akan dilakukan di Gunung Sumbing dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl. Sedangkan, untuk kegiatan Sua Barudak nantinya insyaallah berbentuk kegiatan camping bersama Keluarga Besar Akasia".

Dalam semangat Harlah ke-9 tahun ini, Shodiq juga mengungkapkan harapannya terhadap kegiatan ini. "Harapannya dari kegiatan ini, sesuai dengan tema Akasia Guyub, adalah dapat menghidupkan kembali semangat kekeluargaan di Akasia sendiri. Sebelumnya, hanya beberapa anggota keluarga besar yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya. Semoga ke depannya bisa lebih merata lagi," ujar Shodiq.

Sebagai penutup, Shodiq juga menginformasikan bahwa ada Merchandise untuk Harlah ke-9 ini. "Kali ini, terdapat kaos yang memperingati Harlah ke-9 tahun AKASIA, serta gantungan kunci dan stiker," tambahnya.

Penulis : Fikri Haikal A.